Sabtu, 04 Agustus 2012

Mengapa Snapdragon S4 lebih bertenaga dari Tegra 3?

Sesuai dengan judul artikelnya, mungkin beberapa orang mempertanyakan hal yang sama. Dual-core atau Quad-core? Ini sama artinya dengan HTC One S (untuk pasar U.S.A) atau HTC One X? Kali ini saya akan membahas mengapa Snapdragon S4 lebih baik dari Tegra 3.


Sebenarnya, Snapdragon S4 tidak lebih baik dari Tegra 3. Tetapi, menurut beberapa hasil benchmark, hasil kecepatan dari Snapdragon S4 lebih unggul dibanding Tegra 3. Hal ini disebabkan karena beberapa aplikasi belum men-support chip/prosesor multicore seperti Tegra 3. Beberapa aplikasi masih men-support prosesor dual-core atau bahkan single-core seperti yang saya kutip via Androidauthority. Tetapi ini tidak berlaku untuk aplikasi yang memang didesain untuk Tegra 3. Aplikasi untuk Tegra 3 telah men-support multicore seperti Tegra 3 yang mempunya 4 core + 1 core. Pada kasus ini, Snapdragon S4 tidak akan berdaya melawan kekuatan prosesor dari perusahaan Grafis tersebut.

Tapi, menurut saya, memang benar. Contoh saja Quadrant, aplikasi benchmark yang paling banyak digunakan oleh beberapa orang. Quadrant masih men-support prosesor hanya sampai dual-core saja. Tetapi tidak untuk AnTuTu, aplikasi sejenis Quadrant yang juga banyak digunakan. Asus Transformer Prime adalah gadget Ranking 1 di AnTuTu hehehehe. Ini menunjukkan bahwa AnTuTu sudah men-support prosesor multicore seperti Tegra 3 ataupun Exynos 4212 Quad.

Tapi saya tidak meragukan kekuatan dari Snapdragon S4. Hanya dengan berbekal dual-core, Snapdragon S4 telah menunjukkan performa yang sangat baik, dan juga tidak menimbulkan suhu yang berlebih. Mungkin beberapa dari anda telah melihat uji coba dari Qualcomm yang telah diupload ke Youtube beberapa waktu lalu. Jika belum, moggo dilihat terlebih dahulu :)



Jadi yang mana anda pilih? Quad-core atau Dual-core? Jawabannya anda tentukan sendiri :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tour Museum Tugu Pahlawan Surabaya | Arti Sebuah Sejarah

" Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya " Begitulah kalimat yang sering kita dengar pada setiap ...