Senin, 27 Agustus 2012

Memilih 'Smartphone' Untuk Anda

Ada rencana untuk membeli smartphone? Smartphone apa yang anda pilih? Sesuaikah dengan kebutuhan anda? Jangan buru-buru atau asal-asalan beli Smartphone! Kali ini saya akan memberikan beberapa tips memilih smartphone yang sesuai dengan anda versi Galaxy Teknologi.

Ada beberapa hal yang penting anda harus ketahui dan pertimbangkan sebelum membeli sebuah smartphone. Apakah itu? Simak post saya dibawah ini!

Brand
Mungkin hal ini yang sering disepelekan oleh beberapa orang. Mengapa saya sebutkan Brand? Ini menjaga agar smartphone yang anda gunakan nantinya tetap diupdate oleh vendor/brand yang anda pilih. Brand juga menentukan kualitas smartphonenya sesuai dengan harganya. Brand besar saat ini adalah Samsung, Apple, HTC, Sony, dan Nokia. Saya tidak menyebutkan vendor lain tidak bagus atau tidak baik, tetapi vendor yang saya sebutkan diatas terus berperan aktif dalam update untuk gadgetnya. Tetapi memang tidak semua smartphone selalu mendapatkan update, jadi sesuikan smartphone yang ada pilih nantinya

Budget
Ini adalah hal yang terpenting yang kedua. Semakin besar budget/dana yang sediakan, semakin 'wah' pula smartphone yang anda dapat.

Sistem Operasi atau Firmware
Begitu banyak sistem operasi yang ditanamkan pada setiap smartphone saat ini. Mulai dari Java, Symbian, Windows Phone, Android, dan iOS. Setiap OS memiliki fitur yang berbeda-beda. Semakin up-to-date OSnya, semakin banyak pula fiturnya. Setiap OS pun memiliki ciri khas berbeda, Android OS termurah (tetapi bukan murahan), Symbian OS teringan, Windows Phone OS perkantoran, dan iOS OS tanpa fragmentasi. Cara memilih OS sangat mudah. Cukup sesuaikan dengan kubutuhan dan budget yang anda miliki, karena setiap OS memiliki harga jual yang berbeda. Anda suka aplikasi Lite atau Free hanya untuk sekedar icip-icip? Android lah jawabannya. Selain bisa icip-icip, anda dapat menginstal game full version ke Android (saya tidak mengajari anda membajak :) ), juga bisa anda ubah tampilannya jika sewaktu-waktu anda bosan. Jika masih bingung, cobalah anda lihat lingkungan anda, teman-teman anda atau keluarga anda. Tanyakan pada mereka tentang sistem operasi smartphone yang mereka gunakan. Jika banyak teman atau keluarga anda yang menggunakan Android, pertimbangkanlah Android. Jika banyak teman atau keluarga yang menggunakan Symbian, pertimbangkanlah Symbian. Ini berfungsi untuk memudahkan anda berbagi info dengan mereka.

Prosesor
Prosesor apa yang digunakan? Apakah single-core? Bahkan quad-core? Begini, prosesor juga menentukan kebutuhan anda nantinya. Prosesor juga menentukan kecepatan akses yang dapat dilakukan oleh sebuah smartphone. Apabila anda hanya sekedar untuk chating, email, dan memainkan game ringan seperti Angry Birds, anda mungkin cukup dengan smartphone single-core dengan rentang 800Mhz-1,4Ghz sesuai dengan zaman. Apabila anda cukup aktif bermain game kelas moderate, menggunakan aplikasi yang cukup berat dan yang pasti chat mampu dijalankan dengan sangat lancar, mungkin smartphone dual-core cocok untuk anda dengan rentang 800Mhz-Seterusnya sesuai dengan zaman. Dan apabila anda suka mendownload dan memainkan game kelas extreme, dan ingin menjalankan segala aplikasi dengan sangat mudah, smartphone quad-core mungkin yang akan anda pertimbangkan meskipun harganya terbilang mahal. Kesimpulannya, semakin banyak inti/core pada prosesornya dan semakin cepat pula clock nya, semakin cepat smartphone anda berjalan.

RAM
RAM adalah komponen yang menentukan kecepatan dan kehalusan sistem pada smartphone dan menentukan seberapa banyak aplikasi yang dapat anda jalankan di background. Semakin tinggi RAM, semakin halus aplikasi yang anda jalankan.

Layar
Percaya? Anda tidak akan nyaman apabila anda rajin mengetik dengan layar dibawah 3 inch. Pasti anda sering mengalami istilah typo atau salah ketik. Meskipun smartphone itu memiliki keyboard qwerty, tapi apakah nyaman anda gunakan? Kadang terlalu lembek, atau keras, atau berisik saat diketik, atau bahkan terlalu lebar. Ya ini sih sesuai selera, setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Kita alihkan soal mengetik, mungkin anda merasa nyaman menyetik di layar <3 inch.Tapi apakah nyaman digunakan saat browsing? Saat bermain game? Saat melihat foto hasil jepretan anda? Saat memutar video kesangan anda? Jika ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan saya, layar smartphone anda adalah rentang dari 3,2 inch atau 3,5 inch sampai ke yang paling lebar. Kualitas gambar juga didukung oleh resolusi layar, semakin rapat semakin baik. Anda dapar melihatnya dalam satuan pixel per inch (ppi). Layar yang jernih biasanya berkerapatan >200 ppi. Dan tentu didukung oleh fitur khusus dari smartphone. Seperti, Samsung memiliki layar AMOLED. Sony memiliki layar Bravia Engine yang biasanya ditamankan di TV Sony. HTC memiliki layar LCD IPS yang mungkin sudah umum digunakan seperti Asus Transformer Prime. Dan yang paling tajam adalah Retina Display milik Apple.

Kapasitas Baterai
Seberapa lama baterai smartphone bertahan? Semua bergantung pada Sistem Opreasi dan kapasitas baterai. Semakin besar kapasitas baterainya dan baik pula Sistem Operasinya, maka semakin lama smartphone bertahan hidup. Anda dapat melihat kapasitas baterainya melalui satuan 'mAh', misal 2100 mAh sudah cukup besar, bahkan ada yang sampai 6000 mAh lebih.

Kamera
Pertimbangan terakhir adalah Kamera. Kamera merupakan alat untuk mengabadikan momen anda yang berharga. Acara ulang tahun anak anda atau teman anda, pesta malam, tamasya atau piknik, dan traveling. Pertama, Kamera yang baik tidak hanya dalam resolusinya megapixelnya , tetapi juga ketajaman fokusnya. Beberapa smartphone biasanya sudah ditamakan fitur Auto Focus untuk memudahkan anda mengambil foto dengan tajam. Dan resolusi megapixel kamera akan mendukung ketajaman tersebut. Smartphone keluaran tahun ini, mulai dari mid-end sampai high-end ditanamkan fitur Fast Capture yang membuat anda tidak akan kehilangan momen. Kedua adalah rekaman video. Kamera yang dapat merekam video dangan baik adalah yang mampu merekam video beresolusi 720p atau 1080p yang pasti dengan fitur Auto Focus. Ingin merekam video sambil memotretnya? HTC One X dan Samsung Galaxy SIII adalah lakonnya.


Sekian dari saya. Sekali lagi ini adalah pertimbangan sebuah smartphone sebelum anda membelinya versi Galaxy Teknologi. Semoga anda dapat meresapi dan bisa 'meminang' smartphone yang sesuai dengan kebutuhan anda :)

2 komentar:

  1. Gak masalah layar kecil asalkan resolusi tinggi. Ky nokia c5-03 misal na, layar kecil tapi bit na rapet.

    Yg penting smarphone tuh praktis asalkan lengkap. Kecil-all-in-one.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali brother, semua tergantung selera masing masing :)

      Hapus

Tour Museum Tugu Pahlawan Surabaya | Arti Sebuah Sejarah

" Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya " Begitulah kalimat yang sering kita dengar pada setiap ...